16 Feb 2017

Ternyata Mandi dengan Air Dingin Punya Banyak Manfaat


Hiburan, Liputan855 - Selain lebih segar, ternyata mandi dengan air dingin mempunyai banyak efek positif lho. Mulai dari bisa menurunkan berat badan, jarang sakit, lebih berenergi, dan masih banyak lagi. Mau tahu info lengkapnya? Yuk, intip di bawah ini:

Jarang Sakit
Banyak yang mengira kalau mandi air dengan dingin bisa menyebabkan flu, padahal mandi air dingin justru bisa menjadikan lebih sehat dan jarang sakit. Tahu nggak, kawan, mandi air dingin bisa mengurangi frekuensi sakit seseorang hingga 30%. Mandi air dingin ternyata bisa meningkatkan daya tahan saat kuman menyerang.

Tambah Energi
Mandi dengan air dingin memberikan efek shock yang akan mengaktifkan endorphin, yaitu hormon yang akan membuatmu merasa senang. Salah satu efek endorphin adalah perubahan energi dan vitalitas yang cepat sekali dan energi yang dihasilkan tersebut pun dapat bertahan lebih lama lho. Selain itu, mandi air dingin juga mampu mengurangi rasa lelah yang berlebihan.

Meningkatkan Toleransi Rasa Sakit
Kalau kamu sedang mengalami rasa sakit yang kronis, kamu pun bisa menguranginya dengan mandi air dingin di pagi hari. Hormon endorphin yang dihasilkan dengan mandi air dingin juga bisa mengurangi rasa sakit. Efek tersebut nggak hanya terjadi setelah mandi air dingin, tapi juga berpengaruh pada meningkatnya toleransi terhadap rasa sakit secara keseluruhan.

Efek Anti Depresi
Mandi air dingin di pagi hari juga sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang mengalami depresi berat dan stres. Air dingin akan mengirimkan impuls listrik dalam jumlah yang sangat banyak dari syaraf ke otak, yang nantinya akan menghasilkan efek anti depresi. Jadi kalau kamu sedang merasa tertekan, mandi saja air dingin di pagi hari, pasti mood lagi akan membaik.

Cepat Segar Kembali Setelah Olahraga
Banyak atlit profesional yang sudah membuktikan sendiri kalau mandi air dingin setelah melakukan latihan berat bisa mengurangi rasa nyeri otot, dan memulihkannya dalam waktu yang lebih cepat. Beberapa ahli menemukan kalau mandi air dingin bisa meningkatkan aliran darah dan mengurangi inflamasi.

Mengurangi Lemak
Dengan suhu dingin, tubuh akan mengubah lemak kuning yang nggak sehat menjadi lemak cokelat yang aktif. Hal inilah yang akan berperan penting dalam penurunan berat badan dan berkurangnya lemak di tubuh kita. Nggak hanya itu saja, tubuh juga akan membakar lebih banyak kalori di suhu yang dingin karena tubuh menggunakan lebih banyak energi untuk menjaganya dari kedinginan.
Share:

Blog Archive

klasmen